20 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023, Kampusmu Ada?

Konten [Tampil]

20 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023 - Di tahun 2023, peringkat universitas terbaik di Indonesia masih didominasi oleh dua institusi yang telah lama menjadi panutan, yakni Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Keduanya secara konsisten menduduki posisi teratas dalam peringkat universitas di Indonesia.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa peringkat universitas Indonesia dalam peringkat dunia? Dan institusi pendidikan mana yang menduduki peringkat terbaik?

Daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2023

20 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023


Berdasarkan data yang dirilis oleh Webometrics pada tanggal 1 Agustus 2023, berikut adalah daftar universitas terbaik di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) berdasarkan peringkat per 1 Agustus 2023:

1. Universitas Indonesia (UI)

·       Peringkat di Indonesia: 1

·       Peringkat di dunia: 561

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

·       Peringkat di Indonesia: 2

·       Peringkat di dunia: 694

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

·       Peringkat di Indonesia: 3

·       Peringkat di dunia: 786

4. Universitas Brawijaya

·       Peringkat di Indonesia: 4

·       Peringkat di dunia: 797

5. Universitas Airlangga

·       Peringkat di Indonesia: 5

·       Peringkat di dunia: 865

6. IPB University

·       Peringkat di Indonesia: 6

·       Peringkat di dunia: 911

7. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

·       Peringkat di Indonesia: 7

·       Peringkat di dunia: 1037

8. Universitas Diponegoro

·       Peringkat di Indonesia: 8

·       Peringkat di dunia: 1156

9. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

·       Peringkat di Indonesia: 9

·       Peringkat di dunia: 1163

10. Universitas Hasanuddin

·       Peringkat di Indonesia: 10

·       Peringkat di dunia: 1231

11. Telkom University

·       Peringkat di Indonesia: 11

·       Peringkat di dunia: 1268

12. Universitas Bina Nusantara

·       Peringkat di Indonesia: 12

·       Peringkat di dunia: 1531

13. Universitas Sumatera Utara

·       Peringkat di Indonesia: 13

·       Peringkat di dunia: 1647

14. Universitas Negeri Yogyakarta

·       Peringkat di Indonesia: 14

·       Peringkat di dunia: 1677

15. Universitas Andalas

·       Peringkat di Indonesia: 15

·       Peringkat di dunia: 1787

16. Universitas Padjadjaran Bandung

·       Peringkat di Indonesia: 16

·       Peringkat di dunia: 1831

17. Universitas Jenderal Soedirman

·       Peringkat di Indonesia: 17

·       Peringkat di dunia: 1868

18. Universitas Jember

·       Peringkat di Indonesia: 18

·       Peringkat di dunia: 1891

19. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

·       Peringkat di Indonesia: 19

·       Peringkat di dunia: 1947

20. Universitas Sriwijaya

·       Peringkat di Indonesia: 20

·       Peringkat dunia 2038.

Indikator Penilaian Universitas Terbaik Menurut Webometrics

Webometrics secara rutin merilis peringkat universitas terbaik di dunia setiap 6 bulan. Proses penilaian ini didasarkan pada empat indikator utama:

Presence (Kehadiran): Indikator ini sebelumnya merupakan penilaian utama yang berdasarkan jumlah halaman situs domain website utama yang dikelola oleh setiap universitas. Namun, pada edisi terbaru 2023, indikator kehadiran ini telah dihapus dan tidak lagi menjadi penilaian utama peringkat universitas terbaik.

Visibility (Keterlihatan): Indikator ini berdasarkan jumlah tautan luar yang terhubung ke domain website universitas, yang kemudian dinormalisasi dan dihitung rata-ratanya. Bobot penilaian ini sangat besar, yakni 50%.

Transparency (Transparansi): Webometrics juga menilai transparansi berdasarkan kutipan data yang berasal dari Google Scholar. Data ini diambil dari 310 penulis teratas dan memiliki bobot penilaian sebesar 10%.

Excellence (Keunggulan): Indikator ini menilai kualitas dan dampak penelitian yang dihasilkan oleh mahasiswa serta jumlah publikasi ilmiah. Selain itu, juga menilai seberapa baik universitas memberikan pendidikan berkualitas dan infrastruktur yang memadai. Bobot penilaian ini cukup tinggi, yakni 40%.

Penting untuk dicatat bahwa metode penilaian berbeda-beda antara lembaga peringkat, sehingga peringkat universitas dapat berbeda antara satu lembaga dengan lembaga peringkat lainnya. Sebagai contoh, Webometrics menggunakan indikator Visibility, Transparency, dan Excellence sebagai dasar penilaiannya.

Penutup

Pada tahun 2023, peringkat universitas terbaik di Indonesia masih tetap menjadi sorotan, dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) terus mempertahankan posisi teratasnya. Namun, ketertarikan tak hanya berhenti pada tingkat nasional; pertanyaan tentang sejauh mana universitas Indonesia berada dalam peringkat dunia juga menjadi pertanyaan penting.

Berdasarkan data dari Webometrics per tanggal 1 Agustus 2023, peringkat universitas di Indonesia menggambarkan keberagaman antara perguruan tinggi negeri dan swasta. UI dan UGM tetap menjadi yang terbaik di Indonesia dengan peringkat dunia yang mengesankan. Selain itu, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya, dan Universitas Airlangga juga berada di posisi teratas, menunjukkan komitmen mereka dalam menyediakan pendidikan berkualitas.

Proses penilaian yang digunakan oleh Webometrics mengandalkan indikator seperti keterlihatan (visibility), transparansi (transparency), dan keunggulan (excellence). Meskipun ada perubahan dalam bobot dan indikator selama waktu, evaluasi ini tetap menjadi panduan yang berharga bagi para pelajar dan penyelenggara pendidikan.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa peringkat universitas hanyalah salah satu aspek dari pengalaman pendidikan. Faktor-faktor seperti kurikulum, pengajaran, penelitian, dan pengembangan mahasiswa juga merupakan pertimbangan yang krusial dalam memilih universitas yang sesuai. Oleh karena itu, saat mengejar pendidikan tinggi, penting untuk menyelidiki lebih lanjut dan mempertimbangkan semua aspek yang relevan sebelum membuat keputusan akademis yang penting ini.